Kalau saya ditanya tentang web desain saya sering mengumpamakannya dengan pisang goreng. Lain kalau saya ditanya tentang Internet, maka saya akan mengumpamakannya dengan Alun-alun. Dan kalau anda pernah ke Alun-alun anda akan tahu bahwa beragam model orang dan kegiatan dapat ditemui disana, dari pengajian sampai penjambretan, etc dsb.

internet predators illustration

illustrasi internet predator diambil dari http://library.thinkquest.org/06aug/01158/home.html

Anak saya yang sulung baru masuk SD, dari kecil ( sekira TK A ) dia sudah kenal dengan Internet, sama dengan adik nya , saya selalu membatasi untuk hanya menggunakan KidZui untuk berselancar dan bermain-main di web. Namun, semakin banyak yang dia pelajari tak pelak lagi KidZui tidak cukup untuk memenuhi rasa ingin tahunya, dan setelah diskusi yang cukup berkepanjangan ( yap saya terbiasa diskusi dengan anak2 walau mereka masih balita ) …
saya menyimpulkan hampir tidak bisa untuk mengekang dia untuk memakai program-program lain yang ada di komputer. Saya usahakan ada yang mengawasinya ( biasanya kakeknya ) saat dia berselancar, sekali waktu pernah dia mengetik sesuatu di google dan menghasilkan situs yang kurang baik… so.. artinya content filtering is a must !

Bayangkan kalau dia kebetulan nonton TV pas infotainment, kemudian membuka google dengan nama artis tertentu dan dari search resultnya mendapatkan file2 video yg lagi hot itu ?
Saya sangat menyarankan anda untuk berfikir 537 kali sebelum memberi anak-anak anda smartphone ( BB etc ) atau iPhone yang sangat memudahkan akses ke internet.

Sebenernya ada software komersil macamNet Nanny , tapi beruntung pagi ini saya lihat ada tweet dari pak Tifatul ( @tifsembiring ) yang me-RT ( ReTweet bukan Reply To ;) ) @saifulmuhajir :

Tks mas Saiful untuk info #internetsehat http://is.gd/d1qHM RT @saifulmuhajir: OpenDNS rilis FamilyShield, parental control tanpa install.

link ke tweet
OpenDNS ini basic service nya gratis, dan kalau IP komputer anda statis sepertinya tidak perlu menginstall apapun. So pantas dicoba nih :

Link lain yang bermanfaat adalah : InternetSehat tempat kita dapat belajar bagaimana ber internet yang baik. Juga, kalau anda pengguna twitter anda dapat mengikuti tips2nya di @internetsehat atau diskusi via twitter lewat hashtags #internetsehat .

Sudahkah anda bentengi keluarga anda dari bagian kelam dari Internet ?

Comment now!
















Trackbacks